Perbedaan TCP, UDP dan ICMP

TCP
Transmission Control Protocol (TCP) adalah suatu protokol yang berada di lapisan transpor (baik itu dalam tujuh lapis model referensi OSI atau model DARPA) yang berorientasi sambungan (connection-oriented) dan dapat diandalkan (reliable).

UDP
UDP, singkatan dari User Datagram Protocol, adalah salah satu protokol lapisan transpor TCP/IP yang mendukung komunikasi yang tidak andal (unreliable), tanpa koneksi (connectionless) antara host-host dalam jaringan yang menggunakan TCP/IP.


TCP dianalogikan paket penting yang musti dicek keasliannya, UDP sebagai paket kilat yang asal sampai dengan cepat. Mereka tetap memiliki alamat pengirim dan alamat tujuan tetapi berbeda dalam penulisannya/bentuknya/prosesnya.

Perbedaan TCP dan UDP secara umum adalah dalam TCP mesti ada semacam handshaking terlebih dahulu sehingga paket TCP lebih terjamin (reliable) dibanding UDP sehingga menjadi protocol yang paling sering digunakan di internet (Browsing, chatting, e-mail dan sebagainya).
UDP tidak memerlukan handshaking sehingga paket yang dikirim kurang terjamin dibanding TCP, akan tetapi mengurangi latency sehingga paket akan lebih cepat sampai. Biasanya digunakan untuk hal-hal yang tidak begitu memerlukan akurasi data tetapi diinginkan cepat sampai (misalnya VoIP, Game Online, Live Streaming, dsb, walaupun banyak juga yang tetap menggunakan TCP).


Perbedaan protokol UDP dan TCP, jika pada TCP adalah sebuah konesksi berorientasi protokol yang dapat diandalkan dan menawarkan transfer data ke komputer lain terbebas dari kesalahan, digunakan bersama dengan Internet Protocol (IP) untuk mentransfer data dalam bentuk paket antara komputer melalui Internet, Receive Window, field yang digunakan oleh penerima untuk memberitahukan pengirim seberapa banyak ruang tersedia dalam buffer penerima. Sebaliknya protokol UDP adalah sebuah connectionless yang tidak memiliki keandalan, windowing,dan tidak adanya fungsi jika data diterima dengan benar. UDP melakukan multiplexing UDP menggunakan cara yang sama seperti TCP. Namun bedanya terletak pada transport protocol yang digunakan, yaitu protokol UDP. Suatu aplikasi dapat membuka nomor port yang sama pada satu host, tetapi satu menggunakan TCP dan yang satu lagi menggunakan UDP—hal ini tidak biasa, namun diizinkann. Jika suatu layanan mendukung TCP dan UDP, ia menggunakan value yang sama untuk nomor port UDP dan TCP



Perbedaan lain TCP dan UDP, yaitu sequence Number Field (Urutan nomor Bidang 32-bit sequence number dan 32-bit acknowledgment number field) digunakan oleh TCP dalam pengirim dan penerima dalam menerapkan layanan transfer data yang dapat diandalkan, sebaliknya UDP mempunyai keuntungan dengan tidak menggunakan field sequence dan acknowledgement. Kekuraungan TCP dibanding UDP yaitu TCP menggunakan byte tambahan yang lebih banyak dibanding UDP sehingga boleh dikatakan Kelebihan yang dimiliki UDP yang paling jelas dari TCP adalah byte tambahan yang lebih sedikit. Di samping itu, protokol UDP tidak perlu menunggu penerimaan atau menyimpan data dalam memory sampai data tersebut diterima. Ini artinya, aplikasi UDP tidak diperlambat oleh proses penerimaan dan memory dapat dibebaskan lebih cepat.


Persamaan Protokol UDP Dan TCP
Persamaan Protokol TCP dan UDP, keduanya menyediakan fungsi yang sama dengan TCP, misalnya multiplexing dan transfer data, tetapi ia melakukannya dengan byte tambahan yang lebih sedikit dalam header UDP. UDP melakukan multiplexing UDP menggunakan cara yang sama seperti TCP

Protokol UDP sering digunakan untuk streaming aplikasi multimedia tanpa toleransi dan tingkat sensitifitas. Domain Name System (DNS) Simple Network Management Protocol (SNMP), Routing Information Protocol (RIP) dan Dynamic Host Configuration Protocol (DHCP). Juga Menggunakan protokol UDP


ICMP
Internet Control Message Protocol (ICMP) adalah salah satu protokol inti dari keluarga protokol internet. ICMP utamanya digunakan oleh sistem operasi komputer jaringan untuk mengirim pesan kesalahan, Contohnya bahwa komputer tujuan tidak bisa dijangkau.

ICMP tidak digunakan untuk mengirim paket data, tetapi digunakan untuk memeriksa jalur yang digunakan (misalnya ping, traceroute).




Last Updated on Monday, 11 February 2013 23:50
 

Add comment


Security code
Refresh

Web Design & Programing

Kami menyediakan berbagai macam jenis paket web design mulai dari pembuatan blog sampai website yang komplit & professional, website pribadi, Usaha kecil dan menengah,profil company,Organisasi,instansi pendidikan, Pelayanan Kesehatan, bisnis dan perusahaan, portal berita, pemerintahan, Web Sosial Network, web Forum baik forum terbuka maupun tertutup, Web Custom, Redesign dan lain-lain seseuai kebutuhan anda.

Toko Online

Layanan ini khusus untuk anda yang siap mempromosikan dan memasarkan produk ke dunia yang lebih luas, karena dengan adanya toko online transaksi dapat dilakukan 24 jam dan mampu menjangkau pelanggan dari seluruh dunia, kami meyediakan paket dan harga yang bervariasi untuk toko online sesuai dengan kebutuhan anda, Toko online yang kami sediakan  dapat digunakan untuk semua jenis produk dagangan anda

Network & Server

Kami dapat membantu mengelola jaringan dan server untuk anda, baik berupa instalasi maupun konfigurasi antara lain: WAN, LAN, Wifi, Billing Wifi,Konfigurasi Mikrotik, Proxy Lusca Head High Permormance Untuk warnet dan perkantoran,  Konfigurasi VPS, Dedicated Server,  untuk perusahaan, instansi pendidikan, portal berita yang membutuhkan penyimpanan data dan sistem informasi skala kecil maupun besar.